Blog

Tips dan Trik Membeli Apartemen Sebagai Hunian dan Investasi

Tips dan Trik Membeli Apartemen Sebagai Hunian dan Investasi

Tips dan Trik Membeli Apartemen Sebagai Hunian dan Investasi yang perlu diketahui. Setidaknya bagi anda yang masih ragu dan mungkin tidak mengetahui langkah atau tahapan-tahapannya. Artikel ini diharapkan bisa memantapkan keputusan anda untuk berinvestasi properti dalam hal ini apartment.

Secara fisik apartemen dikategorikan sebagai rumah susun, ruang-ruang menyusun secara vertikal (keatas). Tren apartemen mungkin yang pertama terlihat di Indonesia ini banyak dibangun dan dijumpai di Jakarta. Selain gedung-gedung, perkantoran juga banyak apartemen di Ibukota ini.

Apartemen Jatinangor

                                                     Progres Pembangunan Tol CISUMDAWU

 

zaman semakin berubah cepat, begitupun apartemen mengalami metamorfosa yang terbilang cepat. Mindset orang yang dulunya memiliki apartemen hanya untuk dihuni,sekarang lambat laun bergeser menjadi bisnis yang menggiurkan. Pilihan sebagai salah satu bisnis investasi yang dapat memberikan return yang lumayan, baik dari harga jual kembali hingga passive income dari bisnis sewanya.

Cukup sudah overview dari hunian berbentuk vertikal ini, mari kita teruskan membacanya dengan lebih detail – persiapan perencanaan dalam membeli apartemen yang perlu diketahui.

 

Persiapan Membeli Apartemen

Sudah siapkah anda membeli apartemen? Pertanyaan ini mungkin jawabannya bisa “Ya” bisa juga “Tidak”. Baiklah kita teruskan dengan asumsi anda siap untuk membelinya. Berikut langkah-langkah bagi anda yang akan membeli apartemen:

Utama dan Pertama adalah Kredibilitas Developer

Tentu saja, kredibilitas developer sebagai bagian penting dalam penilaian apakah apartemen yang anda pilih itu layak untuk dibeli atau tidak. Hampir dipastikan bahwa developer adalah salah satu faktor penting dalam keberlangsungan pembangunan apartemen. Banyak terjadi pembangunan yang mangkrak, terlantar tanpa info yang jelas, sehingga ujung-ujungnya anda sebagai konsumen yang dirugikan. Maka pelajari track record developer seteliti mungkin sehingga pada kesimpulannya bahwa developer yang anda pilih benar-benar terbaik.

Tanya Sertifikat dan Legalitas Apartemen

Sertifikas, adalah legalitas yang penting bagi pemilik hunian. Alangkah baiknya anda menanyakan mengenai sertifikat apa yang bisa anda pegang setelah terjadinya transaksi jual beli. Penting juga anda ketahui selain sertifikat; Hak Guna Bangunan (HGB) developer, Surat Izin Mendirikan bangunan (IMB), serta Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT). Setelah anda menanyakan hal-hal penting tersebut silahkan anda Double Check dan lakukan validasi ke instansi pemerintah terkait yang menerbitkan dokumen-dokumen tersebut. Pada umumnya anda akan menerima Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS) dan ada juga Build Operate Transfer (BOT).

Sempatkan untuk datang ke lokasi

Survey kelokasi salah satu cara terbaik mengenali project apartemen yang hendak anda miliki. Kenapa demikian? Karena dengan anda datang kelokasi, anda bisa membayangkan bagaimana prospek apartemen ini dimasa yang akan datang. Tentunyaanda bisa mendapatkan “feel” dari apartemen yang anda bidik, Strategis atau tidak lokasinya? Bagaimana kemungkinan kalau suatu saat apartemen ini anda sewakan; jelas tidak pangsa pasar sewanya? hal itu bisa anda bayangkan dengan melihat lingkungan sekitar ketika survey lokasi.

Cari apartemen pembanding, jangan hanya memilih satu pilihan saja

Dewasa ini mencari apartemen bukanlah perkara sulit, dalam hitungan menit anda dapat menyimpulkan mana apartemen terbaik buat anda beli. Banyak Marketplace properti online di internet bisa anda jadikan rujukan sebagai pembanding. Secara tidak sadar anda sedang membangun “Second Opinion” dalam memilih apartemen yang hendak anda pilih.

Cari tahu lingkungan eksternal pendukung

Lingkungan eksternal apartemen akan menjadi pertimbangan yang penting. Memutuskan untuk membeli apartemen umumnya orang-orang mempertimbangkan hal-hal yang mereka anggap penting, seperti: apakah dekat ke pusat perbelanjaan? apakah dekat ke Rumah Sakit? apakah dekat ke pintu tol? bahkan apakah dekat ke kampus? saran saya buatlah list pertanyaan sebanyak-banyaknya karena hal ini akan membantu anda dalam menjawab motif anda membeli apartemen.

Tanyakan pada diri sendiri tentang motif membeli apartemen

Jika anda mempunyai keuangan yang longgar, mungkin membeli apartemen tanpa tujuan yang jelas tidak akan menjadi permasalahan. Akan tetapi bagi sebagian orang yang memiliki keuangan yang terbatas namun ingin terjun ke bisnis properti menjadi hal terpenting untuk menanyakan motif pembelian apartemen kepada diri sendiri. Jangan sampai ada kesan memaksakan, pada akhirnya akan merepotkan keuangan anda dikemudian hari.

Pertimbangan faktor fasilitas keamanan

Fasilitas keamanan yang dimiliki apartemen faktor penting juga dalam memilih apartemen. Apa yang akan direncanakan developer dalam menyiapkan keamanan dipintu depan dan apartemen secara menyeluruh. Yang sedang tren sekarang adalah ada developer yang yang mempersiapkan apartemen yang bebas dari narkoba, bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pertimbangkan fasilitas parkir

Tanyakan bagaimana sisten per-parkiran-nya. Maksudnya tanyakan secara detail mengenai 1 unit apartemen berbanding dengan berapa mobil yang bisa untuk di parkir. Umumnya 1 unit apartemen berbading dengan 7 unit mobil. artinya 1 lahan parkir diperuntukan 7 mobil penghuni. Hal lain perlu anda tanyakan juga adalah apakah ada biaya parkir? apakah bisa bulanan?.

Tanya sedetail mungkin biaya-biaya yang timbul setelah pembelian apartemen

Setelah bertransaksi jual beli apartemen secara awam diketahui prosesnya stok sampai bertransaksi. Untuk apartemen ada perbedaan, sebaiknya anda tanyakan kemungkinan ada tidak nya biaya-biaya yang muncul setelah anda bertransaksi, seperti biaya maintenance, service charge, pajak dan lain-lain.

Demikian ulasan mengenai tips dan trik membeli apartemen. Semoga bermanfaat pertanyaan teknis mengenai apartemen di Jatinangor anda bisa menghubungi telp 0853-2001-7440 atau Whatsapp 081-6464-5658.

 

 

 

Tag: , , ,